WTP (Water Treatment Plant) / Instalasi Pengolahan Air

Water Treatment Plant (WTP) atau  Instalasi Pengolahan Air (IPA)m adalah sebuah sistem yang dibuat dengan tujuan mengolah air kotor menjadi air bersih yang ramah lingkungan. Dalam pengolahan air bersih secara umum terdapat 3 bangunan atau konstruksi, yaitu: Intake, Water Treatment Plant (WTP), dan Reservoir.

Intake

Intake adalah bangunan tempat masuknya air dari sumber air pertama kali. Pada bangunan intake ini terdapat bar screen yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air. Setelah masuk di intake ini selanjutnya air akan dipompa ke bangunan berikutnya, yaitu Water Treatment Plant (WTP).

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah sistem yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) yang terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk dikonsumsi. Bangunan WTP ini biasanya terdiri dari 5 proses, yaitu: koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi.

1. Koagulasi

Pada proses koagulasi dalam WTP dilakukan proses destabilisasi partikel koloid, karena pada dasarnya sumber air (air baku) biasanya berbentuk koloid dengan berbagai koloid yang terkandung didalamnya. Tujuan proses koagulasi ini untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut didalamnya. Proses destabilisasi ini dapat dilakukan dengan penambahan bahan kimia maupun dilakukan secara fisik dengan rapid missing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump), maupun secara mekanis (menggunakan batang pengaduk).

2. Flokulasi

Proses flokulasi pada WTP bertujuan untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Disini dilakukan pengadukan lambat (slow mixing), aliran air yang ada harus tenang. Kemudian untuk meningkatkan efisiensi biasanya ditambah dengan senyawa kimia yang mampu mengikat flok-flok.

3. Sedimentasi

Proses sedimentasi menggunakan prinsip berat jenis, dan proses sedimentasi dalam WTP adalah untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah di destabilisasi oleh proses sebelumnya (partikel koloid lebih besar berat jenisnya daripada air).

Pada masa kini proses koagulasi, flokulasi dan sedimentasi dalam WTP ada yang dibuat tergabung menjadi sebuah proses yang disebut aselator.

4. Filtrasi

Dalam WTP proses filtrasi, sesuai dengan namanya bertujuan untuk penyaringan. Pada proses filtrasi ini ada beberapa alternatif teknologi yang bisa diterapkan seperti membran, pasir dan lainnya. Dalam teknologi membran proses filtrasi membran ada beberapa jenis, yaitu: Multi Media Filter, UF (Ultrafiltration) System, NF (Nanofiltration) System, MF (Microfiltration) System, RO (Reverse Osmosis) System.

5. Desinfeksi

Ternyata proses filtrasi masih juga meninggalkan kuman atau bakteri yang hidup. Untuk menyikapinya diperlukan penambahan senyawa kimia yang dapat mematikan kuman, misalkan dengan penambahan chlor, ozonosasi, UV, pemabasan dll sebelum masuk ke konstruksi terakhir yaitu reservoir.

Reservoir

Bangunan atau konstruksi Reservoir dalam WTP berfungsi sebagai tempat penampungan sementara air bersih hasil olahan sebelum didistribusikan.

Tangki WTP Fiberglass

Proses WTP saat ini bisa disubtitusikan dengan menggunakan tangki yang terbuat dari fiberglass. Untuk menggantikan peran intake hingga bangunan reservoir bisa menggunakan tangki fiberglass. Beberapa jenis tangki fiberglass sebagai alternatif bangunan/konstruksi WTP sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel di atas antara lain:

  1. Water storage tank / tangki air seperti roof tank berbentuk panel (tangki panel)
  2. WTP tank
  3. Reservoir tank
  4. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
  5. Termasuk hydrant tank
  6. Cilinder tank
  7. Chemical tank

Produk terkait dengan WWTP (waste water treatment plant) / dalam bahasa lainnya disebut dengan istalah STP (Seawage Treatment Plant) diantaranya adalah:

  1. IPAL industri kecil dan menengah
  2. IPAL Puskesmas
  3. IPAL Laboratorium
  4. IPAL Rumah Sakit
  5. Sewage Treatment Plant
  6. Extended aeration tank

Water Treatment Plant

  • IPA (instalasi Pengolahan Air)
  • PDAM
  • Water Recycling Unit