Ada banyak sekali material tempat sampah yang bisa digunakan. Beberapa jenis material yang sering dipakai sebagai bahan pembuat tempat sampah adalah fiberglass, plastik, stainless, besi, hingga kayu. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tempat sampah fiberglass banyak dijumpai di berbagai tempat. Yang paling populer adalah tempat sampah fiberglass yang terkenal dengan tempat sampah pemda. Mengapa Pemda lebih memilih tempat sampah fiberglass dibandingkan dengan tempat sampah yang lainnya. Hal yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah sifat fiberglass yang tahan terhadap kerusakan kimiawi yaitu cuaca hujan dan panas. Selain itu bentuknya juga dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Berbeda dengan tempat sampah yang terbuat dari bahan plat besi. Dikarenakan sifatnya yang korosif, maka tempat sampah yang terbuat dari plat besi memang agak jarang. Alternatifnya banyak yang menggunakan tong bekas sebagai tempat sampah. Dalam beberapa waktu kita bisa melihat tong sampah tersebut keropos dan bolong. Tapi hal ini berbeda dengan stainless steel. Tempat sampah dengan bahan stainlees pastinya lebih tahan terhadap karat. Hanya saja tempat sampah ini relatif ekslusif. Untuk kalangan menengah ke atas. Dikarenakan harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan tempat sampah dengan bahan yang lainnya.

Kemudian bagaimana dengan tempat sampah yang terbuat dari kayu? Untuk tempat sampah kayu pastinya memiliki biaya produksi yang lebih murah jika dibandingkan dengan tempat sampah yang terbuat dari besi. Hanya saja kayu atau triplek tidak tahan terhadap hujan. Ini yang menjadi pertimbangan.

Bagaimana dengan tempat sampah yang terbuat dari plastik? Tempat sampah plastik juga dapat kita temui di banyak tempat. Mulai dari ukuran yang kecil sampai dengan yang besar. Khusus untuk kebutuhan pemda misalnya mengapa tidak memesan tempat sampah dari bahan plastik yang lebih murah dari fiberglass? Hal ini dikarenakan jumlah pesanan tempat sampah yang tidak terlalu massal. Walaupun jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan, mencetak tempat sampah tersebut dengan plastik belum tentu lebih efisien dibandingkan dengan pembuatan moldingnya dan untuk kesinambungan jangka panjang.

Ukuran dan harga tempat sampah fiberglass

Tempat sampah fiberglass memiliki berbagai ukuran. Kurang lebih harga tempat sampah fiberglass juga dipengaruhi juga dengan berapa volume tempat sampah tersebut. Sebagai gambaran untuk kisaran tempat sampah umum berkisar antara 120 liter sampai dengan 1.000 liter. Harganya berkisar antara Rp120.000,- sampai dengan Rp5.000.000,-.

Contoh-contoh model tempat sampah fiberglass

Model tempat sampah fiberglass Pemda

Model yang satu ini sangat identik dengan tempat sampah pemda. Sebenarnya tempat sampah ini tidak hanya untuk pemda saja, tapi juga untuk khalayak umum.

Model tempat sampah dengan karakter

Tempat sampah yang satu ini biasanya kita temui di tempat-tempat wisata. Modelnya bisa berbentuk buah atau binatang. Tempat sampah ini juga sekaligus sebagai media edukasi khususnya untuk anak-anak bagaimana dapat menarik orang-orang untuk membuang sampah di tempat sampah tersebut.

Tempat sampah bicara

Kalau yang satu ini adalah inovasi tempat sampah milik salah satu pelanggan kami. Tempat sampah ini bisa berbicara jika ada orang yang memasukkan sampah ke dalamnya. Berikut ini adalah videonya guys…