Patung / Maskot / Icon Fiberglass

Icon atau maskot bisnis ataupun simbol selalu ada dimana-mana. Bagi perusahaan baik kecil maupun besar misalkan khususnya untuk hiasan yang ada pada store/toko, pastinya membutuhkan maskot. Maskot sendiri bertujuan untuk membuat konsumen ingat akan toko yang dimiliki karena adanya differensiasi. Maskot atau patung bentuknya bisa besar atau kecil, tergantung dari kebutuhannya. Untuk bagian eksterior ruangan misalnya cenderung bentuknya lebih besar bahkan bisa dibilang sangat besar. Tapi berbeda jika maskot untuk bagian dalam ruangan. Dikarenakan ruangan yang terbatas pastinya ukuran maskot tersebut juga lebih kecil.

Maskot / icon bisnis untuk branding usaha

Berbicara mengenai patung atau maskot atau icon tidak hanya mengenai patung ibadah saja. Kebutuhan akan simbol dalam bentuk seni rupa dalam bisnis ditujukan untuk membuat positioning brand di mata konsumen. Dengan adanya sesuatu yang iconic tentunya hal tersebut membuat ingatan konsumen lebih melekat terhadap suatu brand. Dibandingkan dengan tanpa hiasan iconik. Sebagai contoh adanya icon Ronald Mc Donald yang berada di setiap store restaurant Mc Donald misalnya. Tentunya orang-orang akan mengingat simbol icon restoran Mc Donald dengan patung badut Ronald Mc Donald tersebut.

Ada juga sebuah store susu dengan brand “Nenen Nyok” juga memiliki icon sapi perah. Ini juga salah satu bentuk yang akhirnya mengingatkan penulis mengenai kasus positioning dalam brand bisnis. Perlahan-lahan brand image yang terbentuk dengan adanya maskot yang iconic mengangkat bisnis setidaknya sampai diingat dengan baik oleh orang-orang yang melihatnya. Dengan trick psikologi tersebut pastinya lambat laun orang akan penasaran dan ingin mencoba. Kalau sudah mencoba lantas orang menjadi tau dan kemudian bisa menjadi pelanggan loyal yang melakukan retention buying atau pembelian berulang.

Dalam ilmu marketing ada istilahnya AIDA yaitu awareness, interest, desire, action. Pembuatan maskot atau icon bisnis juga merupakan salah satu proses awareness yaitu bagaimana membuat perhatian kepada orang-orang secara umum yang ditargetkan menjadi calon pembeli. Pada fase ini sangat penting, hal ini juga berfungsi untuk mengingatkan brand kita dalam benak konsumen. Dengan brand kita menjadi top brand yang selalu diingat konsumen dalam jangka panjang kita akan lebih memiliki benefit yaitu low marketing budget atau anggaran marketing yang rendah. Dengan anggaran marketing yang rendah ini pastinya akan meningkatkan laba bersih (net profit) usaha dikarenakan penurunan biaya rata-rata secara keseluruhan. 

Patung atau maskot untuk pameran

Selain kebutuhan bisnis terkadang pembuatan patung atau maskot dibutuhkan untuk segmen pameran. Ada banyak sekali pameran misalkan exhibition untuk anak-anak seperti event Bebelac yang diselenggarakan di mall-mall yang membutuhkan display seperti binatang-binatang dan lain sebagainya. Untuk membuat beberapa buah icon binatang tersebut dibutuhkan cetakan yang sama sehingga mempercepat proses pengerjaannya. Kita tahu sendiri bahwa masa produksi event tersebut sangatlah mepet, dan tenggat waktu deadline yang mepet tersebut bagaimana caranya kita bisa menyelesaikan segala tetek bengek produksi secara tepat waktu dan profesional.

Patung atau maskot action figure

Buat Anda yang memiliki hobi seperti salah satu youtuber terkenal tanah air yang fokus pada pengembangan channel di niche unboxing mainan action figure, Frans Sanjaya, memesan action figure ke kami juga bisa menjadi salah satu alternatif. Jadi anda tidak perlu bingung untuk mencari kemana produsen yang sanggup membuat action figure secara custom dengan ukuran tertentu.