Kubah Masjid Fiberglass

Kubah masjid biasanya terbuat dari bahan enamel, galvalum, dan Glassfibre Reinforced Concrete (GRC). Namun kali ini kami ingin mempromosikan mengenai kubah masjid yang terbuat dari bahan baku fiberglass. Memang apa saja sih kelebihan jika dibandingkan dengan bahan lainnya?

Kelebihan kubah masjid fiberglass 

  1. Pembuatan cepat

Proses pembuatan kubah dengan fiberglass dapat dikatakan cukup cepat. Jika sudah ada cetakan maka proses pencetakan fiberglassnya bisa dikerjakan dengan waktu yang relatif singkat. Pencetakan kubah dapat dibuat dalam bentuk panel-panel yang nantinya di pasang satu per satu, atau secara menyeluruh. 

  1. Installasi mudah

Pemasangan kubah masjid fiberglass bisa dikatakan tidak sulit. Setelah proses pencetakan kubah fiberglass tersebut selesai, kemudian dilakukan pemasangan baik dengan sistem tempel rakit atau dalam bentuk sebongkah dome secara langsung.

  1. Biaya hemat

Secara umum biaya rata-rata dari kubah masjid fiberglass dapat dikatakan lebih murah dari beton. Hal ini bisa menjadi pertimbangan alternatif mengenai cost structure.

  1. Fleksibel, modelnya variatif dan mudah di customisasi

Cetakan fiberglass dapat dibuat sesuai dengan model yang diinginkan.

  1. Dapat dipindahkan ke tempat lain tanpa perlu menghancurkan (kubah masjid second fiberglass)

Jika pun hal ini terjadi, pemindahan kubah dari satu masjid ke masjid lain dapat dilakukan dengan kubah fiberglass ini. Kubah masjid fiberglass yang lama dapat dipindah ke masjid lainnya tanpa harus membongkarnya dengan menghancurkan. Ini bisa menjadi alternatif biaya yang lebih murah atau saling subsidi antara masjid satu dengan masjid lainnya dalam hal penyediaan material bangunan.

  1. Tahan dari cuaca panas dan dingin

Bahan baku fiberglass kuat dari cuaca panas maupun dingin. Dan memiliki umur manfaat yang cukup panjang sampai dengan 20 tahun. 

Sejarah Kubah Masjid

Kubah awalnya bukan merupakan arsitektur Islam. Ajaran Islam tidak membawa secara langsung ajaran mengenai tradisi budaya fisik. Sejarahnya kubah belum dikenal pada masa Rasulullah SAW. Begitu juga dengan menara dah mihrab. Dikisahkan oleh arsitektur terkemuka Prof. K. Cresswell, dalam bukunya early moslem architecture, Masjid Madinah pada awalnya sama sekali belum mengenal kubah.

Pada rekonstruksi awal, Cresswell menyebut betapa sederhananya masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW tersebut. Bangunan masjid awalnya berbentuk segi empat dengan dinding sebagai pembatas sekelilingnya. Pada sepanjang bagian dalam dinding ada serambi yang dibuat langsung berhubungan dengan lapangan terbuka yang ada di tengahnya.

Seiring berkembangnya arsitektur, berkembang pula bentuk masjid salah satunya adalah kemunculan kubah. Kabarnya setelah kubah As-Sakhra di Jerusalem dibuat, bangunan-bangunan masjid lainnya pun mulai dilengkapi dengan kubah yang pada akhirnya kubah digunakan sebagai penanda bangunan masjid.  

Ternyata kubah selain dari penanda bangunan masjid juga memiliki makna yang lebih mendalam. Kubah memiliki arti simbol kekuasaan dan kebesaran Tuhan (Foundation for Science Technology Civilisation). Selain itu kubah ada juga yang berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar.

Nah, setelah adanya Kubah Batu di Jerusalem, kubah pada bagian masjid terus dikembangkan para arsitek Islam pada masjid yang dibangunnya. Kubah menjadi semacam lambang arsitektur nasional Mesir dalam struktur masyarakat Islam pada abad ke 12 masehi. Mengikuti perkembangan teknologi dari masa ke masa, bentuk kubah pada masjid juga terus berubah hingga saat ini.

Bentuk kubah pun dibangun sesuai dengan budaya setempat dari masing-masing masyarakat muslim. Perpaduan antara kubah dan budaya setempat sangat kental yang menandakan berbeda-bedanya bentuk kubah di masing-masing tempat. Meskipun tergolong baru sejak akhir abad ke-19, kubah masjid di Indonesia berkembang sangat pesat bahkan ada yang sampai berlapis emas.

Untuk rekan-rekan yang sedang membutuhkan kubah masjid yang terbuat dari bahan fiberglass, bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami pada kontak berikut: 08118408787 atau email di sales@altara.co.id.