FRP Lining

Jasa FRP lining / pelapisan fiberglass adalah perlindungan beton maupun material lainnya dengan tujuan melindungi dari karat atau korosi, bahan kimia yang abrasif, serta bahan lainnya seperti air laut, asam, alkali, slurry, pasir dan lain sebagainya. Dengan FRP lining lapisan permukaan material yang di lapis akan menjadi halus, rapi, kuat, dan tahan bocor. Penerapan FRP lining untuk tahan bocor biasa digunakan pada tangki baja, tangki besi, bak beton, bak besi, scrubber, tangki reaktor, dll.

 

Spesifikasi FRP Lining

Pelapisan fiberglass / FRP lining itu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Misalkan tujuannya yaitu menghindari kerusakan karat atau kimia keras memiliki spesifikasi material yang berbeda. Adapun ruang lingkup pekerjaan meliputi epoxy lining, chemical resistant lining, vessel lining, dan tank lining.

Pelapisan FRP ini juga membuat usia pakai atau umur manfaat sebuah produk semakin panjang. Contohnya adalah storage dengan bahan dasar mild steel, beton atau concrete.Pembuatan FRP lining ini menggunakan bahan komposit dari polimer yang diperkuat dengan serat. Adapun serat yang biasa digunakan seperti fiberglass, karbon, atau aramid. Sedangkan untuk polimer biasanya epoxy, polyester thermosetting plastic, atau vinylester.

 

Cara Kerja FRP Lining

Untuk melakukan pelapisan fiberglass tergantung dari jenis material yang ingin dilapis. Misalkan untuk pipa fiberglass, pada bagian luar dilakukan pelapisan / laminasi terlebih dahulu. Setelah permukaan pipa dihilangkan, selanjutnya adalah menyambung pipa fiberglass dengan TEE. Setelah melalui proses pengeboran dan pembersihan barulah proses lining bisa dikerjakan.Untuk TEE pipa banyaknya jumlah lapisan berkisar antara 8 hingga 12 layer tergantung dari kebutuhan.