Banyak sekali jenis cairan di dunia ini. Kalau kita mengingat pelajaran dasar mengenai asam basa cairan ada beberapa jenis zat cair diantaranya air biasa, air alkali, air laut, cairan kimia, cairan asam, limbah cair dan lain sebagainya. Masing-masing jenis zat cair tersebut ternyata memiliki sifat yang berbeda-beda. Dan penampungannya juga terbuat dari bahan khusus yang berbeda diantara masing-masing jenis zat cair tersebut.

Kebutuhan akan penampungan zat cair banyak digunakan di berbagai industri (industrial used) maupun untuk penggunaan personal (personal used). Hal yang umum misalkan jika kita bicara mengenai kebutuhan untuk penampungan air biasa skala cukup besar yang sudah tidak ada wadah ember plastik yang menyediakan dalam ukuran volume besar tersebut altarnatifnya menggunakan bak fiberglass. Seperti di wilayah yang relatif kering dan sulit sekali air hujan, dibuat penampungan air hujan (PAH). Untuk membuat cadangan air yang banyak diperlukan tempat yang cukup besar. Salah satu wadah yang fleksibel digunakan adalah bak fiberglass.

Penggunaan bak fiber untuk dunia perikanan

Bagi Anda yang bergerak dalam bidang peternakan ikan pastinya tidak asing lagi dengan bak fiberglass. Bak fiberglass saat ini sudah mulai banyak digunakan sebagai media tempat penampungan air khususnya untuk budidaya ikan. Salah satu metode yang terkenal sekali di bidang perikanan lele misalnya adalah metode budidaya lele dengan sistem boster. Dengan memanfaatkan media yang minimalis bagaimana sistem boster bisa mengintensifikasi hasil produksi dari pertanian lele ini. Salah satu media yang digunakan adalah bak fiber dengan bentuk bulat.

Ternyata ada filosofi di balik bentuk bak fiber untuk budidaya ikan tersebut. Mengapa bentuk bulat lebih dipilih dibandingkan bentuk kotak khususnya untuk pembesaran ikan?  Ternyata dengan tidak adanya sisi-sisi pada bak fiber dengan bentuk bulat hal tersebut mengesankan dalam psikologis ikan bahwa mereka berada pada tempat yang relatif luas. Mereka dapat berputar tanpa bertemu dengan sudut. Sedangkan jika menggunakan bak fiber dengan bentuk yang kotak maka akan cenderung berkumpul di sudut dan mengesankan tempat yang sempit bagi ikan.

Selain itu dari segi konstruksinya sendiri bak dengan bentuk bulat memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan bak yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Tekanan air menyebar rata di setiap permukaan bak. Tidak hanya cenderung lebih banyak bertumpu di sudut. Hal ini juga memberikan nilai positif sendiri mengenai bentuk kolam yang bulat.

Lalu apakah kemudian kolam dengan bentuk persegi tersebut tidak banyak fungsinya dibandingkan dengan kolam bulat? Tidak juga. Masing-masing bentuk memiliki fungsi sesuai dengan peruntukannya. Kolam yang bentuknya kotak biasanya digunakan sebagai media loading yang bersifat sementara. Ada juga untuk media pembibitan bagi anakan yang masih kecil-kecil. Selain itu biasanya juga digunakan sebagai media pengantaran pada saat pengiriman. Bak kotak lebih banyak digunakan dikarenakan dapat memaksimalkan space yang ada pada bak mobil/truk.

Penggunaan bak fiberglass pada dunia industri

Sebagai wadah cairan, bak fiberglass memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah untuk keperluan penunjang produksi pabrik. Bahkan tidak terbatas pada cairan saja. Bisa juga berbentuk barang seperti bahan makanan misalnya. Pada industri pengolahan makanan, bak fiber digunakan karena kapasitasnya yang bisa skala besar. Dibuat custom sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Bahan makanan ditampung didalamnya untuk kemudian di proses lebih lanjut supaya menjadi makanan jadi dan siap dikemas.

Pada beberapa tahun yang lalu kami pernah mendapatkan klien untuk pemrosesan nata de coco misalnya. Bahan baku pembuat nata de coco tersebut ditampung ke dalam bak yang kemudian di olah menjadi nata de coco siap kemas. Selain itu juga ada pengolahan tepung tapioka, dan beberapa industri kecil lainnya yang membutuhkan bak fiberglass sebagai wadah media produksi.

Ada juga industri peleburan tembaga yang menggunakan bak fiber untuk media asam sulfat. Kalau ini berarti kita membahas mengenai fiberglass dengan spesifikasi tahan kimia (chemical resistance). Bagi industri-industri yang bergerak pada bidang pengolahan yang membutuhkan cairan kimia sudah pasti membutuhkan wadah. Apakah itu terbuat dari fiberglass ataupun material lainnya yang bisa menunjang kebutuhan terhadap sifat kimia yang ditampung tersebut. Karena jenis bahan kimia memiliki sifat yang beragam seperti ada yang korosif, ada yang bisa “memakan” wadahnya, merusaknya dengan cepat karena tidak tahan terhadap sifat kimianya  dan lain sebagainya.

Khusus untuk pemesanan bak kimia, sangat diharuskan pelanggan memberitahukan spesifikasi kebutuhan secara mendetail. Hal bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam aplikasi pembuatan bak kimia tersebut. Kita tidak hanya sekedar membuat bentuk, tapi bagaimana kandungan material yang ada di dalamnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan supaya tidak rusak dan gagal.

Bak fiber untuk pengolahan limbah

Dalam pengolahan limbah ada yang disebut dengan IPAL atau instalasi pengelolaan air limbah. IPAL yang sebenarnya cukup besar dan membutuhkan biaya yang cukup besar juga. Nah, kami juga pernah mensiasati pembuatan filter untuk pengelolaan limbah cair untuk pabrik tahu dengan menggunakan bak fiber sederhana yang dibuat filter sedemikian rupa sehingga seperti IPAL dengan biaya yang lebih murah. Mungkin Anda bisa terinspirasi dari ini.

Bagi rekan-rekan yang sedang mencari bak fiber untuk kepentingan industri ataupun untuk kebutuhan penggunaan personal dapat menghubungi kami pada kontak berikut: 08118408787 (Call/sms/WA) atau email pada sales@altara.co.id.

Informasi lebih lengkap mengenai Bak Fiberglass bisa Anda dapatkan pada website www.dfp-bakfiber.com