Awal tahun 2020 khususnya wilayah Jabodetabek dilanda banjir. Kali ini banjirnya mencapai rekor baru dibandingkan dengan rekor banjir sebelumnya. Ada wilayah yang biasanya tidak pernah terkena banjir saat kemarin terjadi banjir hingga “cukup tinggi”. Kado awal tahun yang benar-benar miris khususnya untuk penduduk di sekitar Jabodetabek.

Ada beberapa pengalaman menarik ketika banjir kemarin. Hal yang banyak diperbincangkan salah satunya adalah bagaimana pada saat air mulai naik ternyata air masuk rumah melalui septic tank dan pipa pembuangan kamar mandi. Ya, ini adalah pelajaran yang amat berharga buat rekan-rekan sekalian. Ada yang rumahnya tidak sampai masuk air, tapi ternyata air banyak menggenang di kamar mandi. Atau bahkan air dari kamar mandi tersebut sampai keluar kamar mandi dan membajiri rumah.

Banyak hikmah yang bisa kita petik dari kejadian bajir kemarin. Misalnya secara umum, kita semua harus merapikan kembali saluran air yang ada di lingkungan kita. Jangan sampai ada yang mampet dan terhambat. Selain itu pentingnya juga septic tank yang bagus di rumah supaya tidak terjadi lagi air masuk melalui septic tank yang akhirnya menggenangi kamar mandi.

Bio septic tank, penyempurnaan septic tank rumah tangga yang lebih baik

Untuk mensiasati hal ini (terkait dengan septic tank), Anda bisa mencoba menggunakan sistem bio septic tank. Teknologi bio septic tank ini dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan septic tank biasa saja. Dengan adanya bantuan bakteri pemakan tinja, maka dengan bio septic tank ini air keluaran dari bekas kotoran manusia hasilnya lebih baik, bersih, dan ramah lingkungan.

Selain itu, hal tersebut tentunya juga memperlancar sistem sirkulasi air yang ada di dalam tanah. Khususnya mengenai air buangan limbah kotoran rumah tangga tersebut. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika terjadi banjir kembali. Sistem pembuangan septic tank sudah lebih baik, lancar, bersih, dan ramah lingkungan. Kalaupun seburuk-buruknya ada banjir besar pun, setidaknya air buang septic tank tersebut masih baik dan ramah lingkungan.

Bagaimana pengalaman Anda tentang banjir 2020 kemarin? Apakah Anda mengalami kejadian yang sama? Silakan isi komentar Anda di bawah ini ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *